Jumat, 10 Oktober 2008

Menurut saya, TI UI itu....

Kadang orang berfikir untuk mengambil materi kuliah di TI karena tidak banyak prakteknya. Karena biasanya yang melanjutkan TI adalah dari D3 yang kerjaannya lebih banyak dilapangan. Pada dasarnya memang TI memiliki perbedaan yang signifikan antar kampus yang satu dengan lainnya. Ilmu TI biasanya mengikuti "major" fakultas yang ada, atau malah TI bisa menjadi bagian dari salah satu departemen yang ada di suatu universitas.
Tapi di UI, TI tidak berada dibawah departement yang lain, melainkan berdiri sendiri. Karena itulah makanya TI di UI tidak menitik beratkan pada satu bidang studi yang khusus. TI UI lebih cenderung kepada management. Kalo diliat dari target pendirinya, memang orang TI UI tidak dipersiapkan untuk menjadi pekerja lapangan atau orang yang lebih mengutamakan otot dibandingkan dengan otak. Tapi TI UI lebih mendorong lulusannya untuk dapat berfikir lebih banyak dibandingkan kerja fisik.
Pengalaman saya sih, begitu masuk di TI UI, awalnya langsung 'brain storming' mengenai pola berfikir yang baru, yang sungguh berbeda dengan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Karena lebih cenderung kepada manajemen, makanya pola pikir dikampus yang lama jadi harus mulai dikurangi. Karena lebih banyak tidak terpakainya.
Kalo yang dibahas di TI UI antara lain :
PPIC - gimana caranya mengatur aliran material dalam suatu industri sehingga tidak terjadi pemborosan dan defisit baik dari segi produksi atau pengadaan barangnya.
Ekonomi - mengetahui prinsip ekonomi yang berlaku, mampu mengkalkulasikan perhitungan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masa datang.
Permodelan - belajar caranya bikin model simulasi yang komplex, yang nantinya bisa digunakan tidak hanya dalam dunia industri, tetapi juga jasa.
APK - kalo yang ini membahas hal-hal yang paling sering tidak diperhatikan oleh manusia dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. Begitu dapet materi ini, baru sadar, kalo selama ini sudah jauh dari 'fitrah' dalam beraktifitas.
Akuntansi - Kalo ekonomi membahas efektifitas barang/uang. Tapi kalo yang ini membahas masalah gimana caranya membaca sebuah laporan keuangan, biar kalo nanti sudah jadi 'penggede' di perusahaan gak akan dibohongin sama akuntannya.
MIS - mungkin ini materi yang baru untuk saya. Lebih banyak bikin kita pinter ngulik di dunia maya, dari pada cuman ngulik mesin-mesin dan mesin lagi.
ManPro - ini lagi satu mata kuliah yang asik. Emang jadinya panas sih kepala, tapi endingnya... kita bisa jadi orang yang cukup berkompeten dalam merencanakan sebuah project yang tidak melulu hanya berkaitan dengan industri-mesih dan operator saja.
nanti kita sambung lagi yah....

Tidak ada komentar: