Kamis, 18 September 2008

Persepsi saya tentang Knowledge Management

Kalo dilihat dari arti perkata dalam bahasa Indonesia Knowledge = Pengetahuan dan Management = Pengaturan. Jadi bisa dibilang kalo KM adalah suatu proses pengaturan pengetahuan (atau kalo yang lebih sering dipakai adalah informasi) menjadi suatu bentuk yang lebih informatif bagi orang lain yang membutuhkannya. KM dapat ditemui diindustri manapun, karena saat ini peranan KM sangat dibutuhkan dan sangat membantu bagi semua pihak. KM sangat membantu dalam dunia kerja dan aktifitas sehari-hari. Bentuk KM yang paling sering di temui adalah SOP (Standard Operation Procedure) yang fungsinya menjelaskan tentang tata cara kerja/beraktifitas yang sesuai dengan standard perusahaan dalam lingkup khusus atau ISO yang lebih spesifik lagi. 
Bentuk tampilan informasi yang disajikan saat ini sudah semakin modern, dimana orang lebih senang menggunakan media komputerisasi atau internet untuk media Knowledge Management ini. Dalam penyusunan informasi tersebut juga harus memperhatikan aspek kemudahan untuk mengakses dan memahami informasi yang diberikan. Kembali lagi peranan KM dalam segi pembuatan tampilan ini juga sangat besar. 
Intinya kalo menurut saya, aktifitas KM sudah ditemukan sejak lama namun orang baru bisa menemukan istilahnya ini disekitar abad 19. Kalo Al - Quran bisa disebut KM apa ndak yah...? 

1 komentar:

Md Santo mengatakan...

Kalau Al-Quran, jelas pasti ada, tapi tidak tersurat dalam bentuk konten, melainkan dalam bentuk konteks.

Sehubungan dg itu marilah kita anggap sbg amanah dan kita gali dengan mengajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber"social networking" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP ) atau lewat beranda depan http://mobeeknowledge.ning.com

Terima kasih

Md Santo