Jumat, 26 September 2008

e-Commerce

e-Commerce merupakan suatu aktifitas transaksi yang melibatkan pula proses distribusi dan pemasaran barang atau jasa melalui jaringan internet. Aktifitas besar dari e-Commerce terbagi atas :
1 Retail, umumnya digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan suatu produk atau tempat yang berhubungan dengan olah raga, hobby, buku, alat musik atau yang lainnya.
2. Media, digunakan umumnya oleh dunia perbankan atau jurnalistik untuk menginformasikan berita atau aktifitas yang telah atau akan terjadi didunia.
3. Mediasi, e-Commerce dapat memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk melakukan interaksi dengan pihak lain yang umumnya adalah individu. Umumnya disebut sebagai C2C (customer to customer). Layanan ini bisa kita temui contohnya di YouTube atau MySpace
4. B2B, seperti halnya mediasi dan retail, e-Commerce yang satu ini lebih kedalam interaksi organisasi bisnis perusahaan.
e-Commerce memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan fasilitas lain yang bisa digunakan (non- internet base):
1. Murah, karena pelanggan tidak perlu keluar rumah untuk mencari barang yang diiinginkan
2. Biaya komunikasi rendah, pelanggan dan penyedia e-Commerce tidak harus keluar biaya untuk melakukan percakapan atau mengirimkan dokumen.
3. Investasi kecil, perusahaan atau individu yang menggunakan e-Commerce tidak perlu menyediakan tempat yang sangat luas atau banyak untuk memajang barang yang ingin dipasarkannya.
4. Memuat banyak data, kita dapat memberikan informasi yang sangat lengkap dalam e-Commerce untuk menjelaskan kepada pelanggan/calon mitra.
Yang bisa kita rasakan dengan adanya e-Commerce antara lain :
1. Kita bisa tahu promo apa yang sedang ada di Carrefour atau Makro melalui katalog di webnya.
2. Kita bisa mengetahui alasan harga minyak yang terus naik dan turun dalam waktu yang sangat cepat.
3. Bisa memperkenalkan diri kita kepada orang lain tanpa harus bertemu langsung. Bahakan bisa berbagi film atau lagu dengan menggunakan YouTube.
4. Jika perlu laptop baru atau mau upgrade komputer, kita bisa pesan langsung ke bhineka.com tanpa harus khawatir tidak mengetahui spesifikasinya.
Dan masih banyak lagi yang bisa kita rasakan dari adanya e-Commerce ini. 

Tidak ada komentar: